Jumat, 21 Juni 2013

Motivasi



Tips Motivasi Diri

 

 Seringkali rutinitas, dan berbagai masalah yang datang silih berganti setiap hari membuat kita kehilangan motivasi untuk mendapatkan yang lebih baik dalam kehidupan. Hingga semua tujuan kita mengabur dan lama-lama menghilang. Berikut kami sampaikan tujuh cara untuk mendapatkan motivasi setiap hari:
1. Ciptakan Hasrat - Lihat imbalan dari usaha Anda secara jelas. Cara ini memberikan banyak motivasi untuk membuat rencana Anda cepat terwujud. Bayangkan rumah impian Anda setiap hari, dan ini akan memberikan Anda dorongan untuk menjadikannya nyata.
2. Ciptakan Rasa Sakit - Dalam program Neuro-Linguistic mereka mengajarkan pada Anda untuk menghubungkan rasa sakit dengan tidak melakukan tindakan. Gambaran kekasih Anda keluar dengan orang lain, saat Anda menyaksikan itu dengan diam-diam, hal itu mungkin membuat Anda termotivasi membicarakan hal-hal yang Anda hindari dengan pasangan Anda.
3. Bicarakan Rencana Anda - Bicaralah pada pasangan Anda tentang rencana Anda, atau tuliskan dalam selembar kertas apa yang akan Anda lakukan lalu tempelkan di kulkas.
4. Miliki Sebuah Ketertarikan yang Nyata - Jika tak ada ketertarikan sama sekali Anda mungkin perlu melakukan sesuatu, untuk itu buat sebuah tujuan besar dalam pikiran Anda.
5. Miliki Energi - Kafein akan memberikan rasa sehat untuk sesaat, tapi dalam satu atau lain cara, Anda membutuhkan energi lebih sebagai motivasi untuk setiap hari, misalnya dengan olah raga atau tidur cukup.
6. Ciptakan Keseimbangan Mental - Sangat sulit untuk menemukan motivasi jika Anda dalam keadaan tertekan. Hilangkan beberapa perasaan negatif Anda, atau pada akhirnya pilih kerjakan pekerjaan penting saat Anda dalam mood yang bagus.
7. Ambil Sebuah Langkah Kecil - Lakukan pengumpulan untuk satu tas besar daun-daun di halaman. Dan denagn segera Anda akan membersihkan halaman. Setiap sebuah langkah kecil yang Anda ambil untuk mencapi tujuan akan memberikan motivasi pada Anda setiap hari. (buzz/erl)

Pernahkah Anda mendengar iklan di TV yang berkata “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” ?
Saya sangat menyukai iklan tersebut karena HAL ITU MEMANG BENAR.
Kita boleh saja beralasan bahwa kita tidak boleh menilai orang lain hanya dari luarnya saja. Saya tidak menyalahkan argumen seperti. Bahkan jika Anda benar-benar menerapkannya, saya akan sangat salut dengan Anda bahwa Anda bukanlah orang cepat mengambil kesimpulan dari kesan pertama.
Namun bagaimana jika Anda hanya bertemu dengan seseorang satu kali saja seumur hidup Anda? Seperti wawancara kerja.
Satu pertemuan yang menentukan masa depan Anda.
Satu pertemuan yang jika Anda tidak dapat mensiasati dapat menyebabkan Anda dianggap sebagai orang yang tidak kompeten, membosankan, tidak tegas, kurang percaya diri, dan tidak cocok untuk bekerja di perusahaan yang Anda datangi.
Sekali Anda gagal, tidak akan ada lagi kesempatan kedua untuk menunjukkan seperti apa diri Anda yang sesungguhnya sesungguhnya.
Dan yang lebih membuat Anda kesal adalah, Anda melakukannya dengan TIDAK SADAR!
Mungkin hanya karena Anda sedikit tegang, Anda tidak terlihat seperti biasanya. Anda tidak dapat menunjukkan kemampuan terbaik Anda pada saat wawancara
Saya tidak akan mengatakan sesuatu yang kuno seperti “Pede aja” atau “Jadilah pendengar yang baik” atau jargon-jargon yang hanya menyarankan tanpa memberi tahu bagaimana cara melakukannya.
Saya akan memberikan sesuatu dari konsep UnICoM yang EFEKTIF dan LANGSUNG DAPAT DIPRAKTEKKAN.
Dengan beberapa kali mencobanya, Anda akan terlihat sangat berbeda dihadapan orang yang baru Anda kenal. Jika Anda melakukannya sesuai tips saya, maka 90% Anda akan memberikan kesan yang positif.
Saya sengaja tidak menyebutkan 100% karena kadang-kadang ada orang yang memiliki masa lalu yang kurang bagus dan Anda (sialnya) mengingatkannya akan memori buruk tersebut. Sebagai contoh jika wajah Anda mirip dengan mantan pacar yang mengkhianati orang tersebut, maka orang tersebut akan cenderung berpikir Anda pasti mengkhianatinya padahal Anda adalah orang yang sangat setia terhadap pasangan Anda.
Ya kan? :p
Seseorang memerlukan 5-10 detik untuk membentuk kesan pertama terhadap Anda. Dan kemungkinan dia akan perlu beberapa menit untuk mengkonfirmasi kesan yang dia bentuk. Jadi jika Anda memanfaatkan beberapa detik pertama untuk membuat dia terkesan, maka Anda sudah 90% sukses.
Saya tahu Anda pasti berpikir dalam waktu sesingkat itu tidak mungkin Anda bisa memberikan kesan baik terhadap orang lain. Anda pasti berpikir bahwa Anda harus ngobrol akrab panjang lebar dalam situasi informal untuk dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan.
Namun ada kabar baik bagi Anda, jika Anda melakukan hal-hal seperti yang saya sebutkan dibawah ini dalam 5-10 detik pertama, saya yakin Anda akan memberikan “Kesan pertama begitu menggoda” bagi mereka
Oke saya yakin Anda sudah tidak sabar, berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kesan positif dalam waktu singkat.
  1. KONTAK MATA YANG CUKUP
Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melakukan kontak mata yang cukup. Maksud saya cukup adalah melihat mata lawan bicara Anda dengan pandangan wajar dan antusias (bukan melotot mengancam atau atau pAndangan jenis lainnya). Kontak mata yang cukup biasanya terjadi sekitar 70%-80% dari pertemuan
  1. BERJABAT TANGAN
Berjabat tanganlah dengan akrab dan kokoh. Jabat tangan yang kokoh dan akrab dipadukan dengan kontak mata yang cukup akan memberi kesan bahwa Anda adalah seseorang yang sangat percaya diri dan tegas. Anda tidak perlu sampai meremas terlalu kuat kecuali Anda ingin dipecat sebelum bekerja. Cukup berikan sedikit tenaga saat bersalaman dengan pewawancara. Jabat tangan yang lemah menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri.
  1. TAMBAHKAN SENYUMAN
Jika Anda sudah melakukan point 1 dan point 2, maka Anda akan terlihat sangat percaya diri, namun pada saat yang bersamaan terlihat menakutkan. Karena itu tambahkan senyuman bersahabat di wajah Anda. Senyuman Anda akan membuat orang lain berpikir bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan, ramah, dan bersahabat.Dengan begitu pewawancara dapat merasa lebih nyaman saat ‘menginterograsi’ Anda dan mulai membayangkan betapa nyamannya bekerjasama dengan Anda. Saran saya, tersenyumlah dengan tulus. Senyuman palsu dan tidak tulus akan terbongkar dengan mudah dalam waktu singkat.
  1. DUDUK DENGAN PUNGGUNG TEGAK DAN TARIK BAHU KE BELAKANG
Posisi punggung tegak adalah tanda jika Anda percaya diri, bahagia, atau tertarik. Jangan pernah menyilangkan kaki atau melipat tangan ketika sedang duduk karena hal ini memberikan kesan bahwa Anda tidak nyaman atau bahkan ketakutan.

Jangan menempatkan sesuatu(map, tas, dll) antara Anda dan pewawancara seperti gambar diatas karena hal ini menimbulkan efek yang sama dengan melipat tangan dan menyilangkan kaki.
  1. JANGAN GARUK HIDUNG ANDA
Apa hubungan antara hidung gatal dengan wawancara? Percayalah hal itu ada hubungannya secara psikologi dan biologi dan saya tidak akan menjelaskannya disini karena terlalu panjang. Jika hidung Anda tiba-tiba merasa gatal dan Anda ingin menggaruknya, JANGAN LAKUKAN!Hal ini akan memberi kesan bahwa Anda mengevaluasi sesuatu yang tidak Anda sukai dari lawan bicara. Saat wawancara, Anda tidak dapat menunjukkan kondisi emosi Anda kecuali Anda memang ingin menunjukkannya.
  1. PILIH BUSANA BERWARNA BIRU
Jika Anda mempunyai kemeja atau setelan berwarna biru, saya SANGAT MENYARANKAN untuk memakainya pada saat wawancara. Dalam ilmu psikologi, biru memberi kesan LOYAL dan JUJUR. Memakai sesuatu berwarna biru akan memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang setia dan jujur.
Bagaimana? Cukup mudah bukan! Saya yakin seratus persen bahwa Anda langsung bisa melatihnya sekarang juga didepan cermin di kamar Anda untuk wawancara esok hari.
Teknik komunikasi hanya FAKTOR LUAR/FISIK, namun yang lebih penting daripada itu semua adalah bagaimana membentuk MINDSET dari sisi rohani atau bahasa panjangnya adalah menata ulang cara berpikir Anda sehingga hasil yang didapat OPTIMAL.
Anda dapat bayangkan teknik komunikasi efektif sebagai sebuah baju yang bagus yang Anda pakai, yang membuat Anda dihormati sebelum orang mengenal Anda.
Tapi apakah Anda ingin orang menghormati Anda hanya dari pakaian Anda? dan setelah mengenal lebih jauh, mereka mengenal Anda sebagai orang yang berbeda dari kesan pertama, atau bahkan menyesal mengenal Anda?
Anda tidak ingin itu terjadi pada diri Anda bukan?
Untuk menjadi seorang komunikator ulung, seseorang harus mempunyai kombinasi antara faktor fisik (bahasa tubuh), cara berpikir yang benar (mindset) dan sisi rohani (cara membentuk mindset) yang kuat sebagai pondasi untuk mempraktekkan teknik komunikasi dengan optimal.
Saya percaya apapun latar belakang Anda saat ini asalkan Anda bisa membaca, Anda pasti dapat menarik berbagai peluang emas yang tentu saja menuntun Anda pada kesuksesan dalam hidup.

2 komentar:

  1. :D wahh,,, super,,,
    kata-kata yang membuat saya terinspirasi, bagus sekali ...!! (Y)

    tingkatkan
    boleh pasang iklan tidak.?

    BalasHapus